Distributed Computation dalam CLOUD COMPUTING

 LATAR BELAKANG

Cloud computing merupakan teknologi yang berkembang saat ini, komputasi terdistribusi merupakan salah satu tujuan dari adanya cloud computing itu sendiri. Dengan adanya cloud computing, maka pengaksesan sumber daya secara paralel, para pengguna juga bisa memanfaatkannya secara bersamaan, terdiri dari banyak sistem sehingga jika salah satu sistem crash, sistem lain tidak akan terpengaruh dan juga dapat menghemat biaya operasional karena tidak membutuhkan sumber daya.

Komputasi awan adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Cloud adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, Cloud dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya.




Distributed Computation Dalam Cloud Computing

                Secara sederhana, distributed computing dapat diartikan sebagai suatu teknologi yang dapat memecahkan suatu masalah besar ke dalam proses-proses kecil ke banyak komputer untuk kemudian proses kecil itu dipecahkan secara simultan dan apabila sudah didapatkan solusi-solusi kecil maka disatukan kembali dalam satu solusi yang besar dan terintegrasi. Dari tujuannya, distributed computing menghubungkan banyak user dan resource yang bekerjasama memecahkan permasalahan dalam sistem yang terbuka, transparan dan memiliki skalabilitas yang tinggi. Distributed computing mengacu pada penggunaan sistem terdistribusi untuk memecahkan masalah komputasi. Dalam distributed computing, masalah dibagi menjadi banyak tugas, masing-masing yang diselesaikan oleh satu komputer. Komputer yang saling berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama. Sebuah sistem terdistribusi terdiri dari beberapa komputer otonom yang berkomunikasi melalui jaringan komputer.

Kesimpulan

Cloud Computing merupakan teknologi yang diperlukan saat ini, karena dengan adanya cloud computing ini maka akan memudahkan para pengguna internet dalam menyimpan data mereka.


SUMBER : http://dhenyx.blogspot.co.id/2014/05/distributed-computation-dalam-cloud.html
              https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan


Comments

Popular posts from this blog

Aplikasi kalkulator dengan Console pada C#

EDIT MACRO ART DI Smartphone / Soft Tone

Parallel Computation | Pengantar Pemrograman CUDA GPU